Minggu, 21 Mei 2017

Palangka Raya Film Community Mendapat Undangan Untuk Menghadiri Program Rapat Koordinasi Komunitas Film “Identifikasi Potensi Komunitas Film di Indonesia”

Photo by @pusbangfilm
   Halo sobat pahari! Tanggal 16 - 18 Maret 2017 Palangka Raya Film Community mendapatkan undangan untuk menghadiri Program Rapat Koordinasi Komunitas Film - Identifikasi Potensi Komunitas Film di Indonesia. Acara tersebut diselenggarakan secara tertutup di sebuah hotel bintang 4 yakni di The Akmani Hotel yang berlokasi di Jl. KH. Wahid Hasyim No. 91 Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat dan diwakili oleh kak Indra (Ketua Palangka Raya Film Community).

     Acara yang diselenggarakan oleh Pusat Perkembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dihadiri oleh para individu yang mewakili komunitas film atau lembaga yang terkait dengan kegiatan perfilman dengan jumlah 30 peserta dari berbagai daerah. 30 peserta tersebut kemudian dibagi dalam 3 Forum Parallel yakni diantaranya: Forum Produksi, Forum Ekshibisi dan Festival serta Forum Kajian dan Apresiasi yang terdiri dari narasumber, moderator, peserta dan observer pada masing-masing forum. Palangka Raya Film Community terpilih untuk mengikuti Forum Produksi.

Wefie Peserta Rakor 
   “Kegiatan hari pertama setelah pembukaan dan makan malam diadakan Sharing Session untuk memperkenalkan komunitas masing-masing kepada sesama peserta, moderator dan observer.

   Acara inti dimulai pada hari kedua. Sebelum narasumber memberikan materi dan memantik diskusi tiap peserta kembali diminta untuk memperkenalkan komunitasnya kepada forum. Setelah makan siang kemudian dilanjut dengan sesi diskusi oleh para peserta untuk menganalisa permasalahan-permasalahan dari tiap komunitas berdasarkan sejumlah pertanyaan yang sudah disiapkan oleh panitia.

    Hari ketiga sebelum penutupan observer dari masing-masing forum mempresentasikan catatan forum dari hasil diskusi pada hari kedua”, jawab kak Indra ketika kami tanya mengenai kegiatan selama 3 hari tersebut.

Meet Up Ketua dengan Founder dan Co-Founder
Palangka Raya Film Community
   Rakor ini diadakan dengan tujuan untuk melihat kembali kerja-kerja dan inisiatif-inisiatif komunitas film yang dilakukan selama ini. Selain itu juga untuk melakukan evaluasi mendasar, mendesain ulang kerangka visi-misi yang sudah berjalan dan menetapkan skala ukur evaluatif secara internal bagi kerja-kerja komunitas film agar terus mengembangkan program-program kedepan. Hasil rakor ini bisa menjadi rekomendasi program-program untuk seluruh komunitas film di Indonesia.

   Dari Kalimantan selain Palangka Raya Film Community juga ada Forum Sineas Banua dari Kota Banjarmasin yang diwakili oleh kak Agung. “Kebetulan kami bertemu secara tidak sengaja di bandara. Mungkin karena dia liat aku pake Official T-Shirt Palangka Raya Film Community kemudian dia menyapaku. Kami berkenalan di bandara dan berangkat bersama menuju Jakarta. Dalam Forum Parallel dia terpilih untuk mengikuti Forum Ekshibisi dan Festival”, jawab kak Indra menutup sesi interview.

     Semoga rakor ini diselenggarakan lagi tahun depan ya. 

     Salam sinema Itah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar