Rabu, 15 Februari 2017

Palangka Raya Film Community Mengikuti Workshop dari XL dan Wujudkan.com "Crowdfunding School Roadshow and Pitching Session for Filmmakers"

Wujudkan.com Invitation
   Halo sobat pahari semua! Palangka Raya Film Community pada tanggal 15 November 2016 jam 09:30 s/d 12:00 WIB mengikuti workshop kerjasama XL dengan Wujudkan.com tentang pendanaan film bagi para filmmakers. Acara workshop tersebut berlangsung di Kenobi Coworking Space yang beralamat di gedung Colony Lantai 6 Jl. Kemang Raya No. 6 Jakarta Selatan. Selain di Jakarta workshop tersebut juga diselenggarakan di kota lain diantaranya di Yogyakarta pada tanggal 17 November dan Malang pada tanggal 19 November.

   Sejak mulai beroperasi pada tahun 2012 hingga Oktober 2016, ada 48 kreasi yang telah sukses menggalang dana melalui Wujudkan.com yang 19 kreasi (40%) diantaranya berkategori film/video. Melihat data ini Wujudkan.com ingin membuka peluang yang lebih besar lagi bagi para filmmaker untuk mewujudkan ide-ide filmnya.

Photo by @wujudkan
  Wujudkan Crowdfunding School adalah workshop tentang kampanye penggalangan dana yang dilakukan dengan cara crowdfunding. Istilah crowdfunding mengacu pada sebuah konsep pendanaan kolaboratif. Melalui Wujudkan Crowdfunding School tim Wujudkan.com berbagi tips, pengalaman berkampanye, baik secara online maupun offline dan faktor-faktor yang menentukan kesuksesan sebuah kreasi dalam menggalang dana. Wujudkan Crowdfunding School sudah dilakukan beberapa kali oleh tim Wujudkan.com dan selalu mendapatkan tanggapan positif dari para kreator. Oleh karena itu, Wujudkan Crowdfunding School kembali diadakan dengan harapan semakin banyak Kreator yang sukses menggalang dana dengan cara crowdfunding.

   Di masing-masing kota, acara dibuka dengan pemutaran film yang telah sukses menggalang dana dengan cara crowdfunding melalui Wujudkan.com dan dilanjutkan dengan workshop tentang Pendanaan Film dan tips sukses menggalang dana bersama para Kreator. Kemudian acara dilanjutkan dengan Pitching Session, dimana tersedia dana jutaan rupiah untuk dimenangkan oleh filmmaker yang dapat mempresentasikan ide film yang terbaik.

     Acara workshop (di Jakarta) dibuka dengan pemutaran film pemenang pitching forum tahun 2015 berjudul Tujuh. Dilanjut dengan workshop tentang pendanaan film dengan narasumber kak Mandy Marahimin (CEO Wujudkan.com) serta sharing tips sukses crowdfunding dengan sutradara film Tujuh, Erlangga Radhikza. Selain itu juga diadakan Pitching Session, dari Kota Jakarta terdapat 9 kreasi yang kemudian diseleksi oleh tim Wujudkan.com dan dipilih 3 kreasi terbaik yang berhak memenangkan dana jutaan rupiah untuk mewujudkan film impiannya.

      Hayo pasti sekarang lagi mikir cari ide ya? Yuk ah kita mikir bareng ide apa yang bisa terwujud menjadi sebuah film lewat crowdfundingnya Wujudkan.com hehe..

      Salam sinema Itah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar